Sempol

Ada cerita menarik. Ada seorang pemuda yang jajan mendekati maghrib. Selagi itu uangnya, tak apa-apa. Sholat urusan nafsi-nafsi. Sangat jarang santri hanya untuk dirinya sendiri. maka dari itu ia menjadi leveransir titipan-titipan. Udara sore begitu sejuk dalam kebut motor. Menyapa wajah dan rambut-rambut panjang tak tertutup peci dengan sempurna. Rambutnya melambai-lambai seirama angin. View pemandangan pematang sawah, pegunungan, dan kebun-kebun tebu menambah keelokan yang tak terkira. Jangan lupakan harum-harum durian lokal dari mobil-mobil losbak.

Motor berantai kretek-kretek itu berhenti  di kedai dari beberapa kedai yang tentunya menggugah selera. Tapi, ia malah memilih sempol dan gorengan. Sempol 20 rb, gorengan 15 rb. Setelah selesai, ia dan temannya beranjak pulang. Ia nyetir. Di tengah perjalanan dan angin sepoi-sepoi, temannya bertanya, ‘nanti malam, Fathul Muin, ya?’ namun tak kunjung dijawab. Tak ada respon. Diulangi pertanyaan itu, tetap tak ada jawaban. Si Teman memanjukan wajahnya dan melihat, ternyata ia sedang mengganyang 2 batang sempol yang masih hangat. Setelah dipergoki dan diingatkan akan amanat titipan rakyat itu, ia berdalih, ‘halah, pajak jalan, nggak apa-apa!’

Jadi tak heran pada kasus korupsi soeharto yang korupsi mencapai 35 miliar dolar AS atau sekitar 490 triliun, korupsi BLBI 3,7 triliun, korupsi Asabri 10 triliun, korupsi Jiwasraya 13,7 triliun, korupsi E-ktp 2,3 triliun, korupsi Pelindo ll 6 triliun, bahkan juga bansos yang masih sempat-sempatnya dikorupsi sebanyak  32,482 miliar.

Cerita di atas, sangat mencerminkan Indonesia. Amanah sempol 20 rb aja masih sempat di korup. Meski hanya 2 batang, tetap saja korup. Sangat jelas, koruptor kelas teri ya memang seperti itu. Dimulai dari hal kecil-kecil, remeh temeh. Termasuk 2 batang sempol itu. Kalau orang seperti ini naik makin tinggi, tinggi, dan tinggi? Tentu nilai porsi korupsinya juga makin tinggi.

 Hei Pejabat! Seperti ini rakyatmu. Nyontohin ga bener. Dasar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepompong

Klausa

Mekar